Cara Mengatasi Ejakulasi Dini Faktor Psikologis

1 min read

Ejakulasi Dini Faktor Psikologis

Permasalah seksual pada seorang pria yang paling sering terjadi adalah ejakulasi dini faktor psikologis. Berdasarkan sebuah penelitian, sebanyak 30% pria  mengalami masalah ejakulasi dini.

Ejakulasi dini bisa diartikan pada saat Anda berhubungan intim, lalu mengeluarkan cairan sperma hanya dalam jangka waktu 2 menit saat penetrasi, kemungkinan Anda mengalami ejakulasi dini. Hanya saja, setiap individu pasti memiliki waktu atau periode ejakulasi dini pasti berbeda-beda. Perbedaan tersebut bisa terjadi pada seorang laki-laki yang sama dan dalam kurun waktu rangsangan yang berbeda.

Jika dilihat secara medis, seorang pria dewasa yang memiliki fisik yang sehat dan normal rata-rata mengeluarkan air mani setelah mengalami penetrasi atau berhubungan kurang lebih selama 5 menit.

Menurut The Mayo Clinic, penyebab pasti ejakulasi dini belum diketahui. Meskipun banyak orang menganggap hanya dari masalah psikologis, namun faktanya masalah ini sangat rumit dan bisa melibatkan antara faktor bioligis dan psikologis.

Penyebab Ejakulasi Dini Faktor Psikologis dan Psikologi

Faktor Psikologis

Seksi yang baik selalu dihasilkan dari kombinasi antara faktor fisik, psikologis, dan hubungan. Demikian juga ejakulasi dini berpotensi disebabkan oleh semua faktor tersebut. Jadi untuk menemukan solusi, kita harus mengetahui terlebih dahulu ejakulasi yang Anda derita disebabkan oleh faktor apa.

Menurut penelitian oleh beberapa dokter percaya bahwa pengalaman melakukan hubungan seksual pertama kali dapat membentuk pola yang mungkin akan sangat sulit untuk di ubah pada kemudian hari.

Contohnya seperti dimana pada saat Anda melakukan hubungan seks pada saat pertama kali dilakukan secara tergesa-gesa untuk mencapai klimak karena takut diketahui orang.

Selain itu, ada beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi penyebab terjadinya ejakulasi dini faktor psikologis seperti:

Kegelisahan, banyak pria yang menderita ejakulasi dini disbabkan karena memiliki kecemasan yang disebabkan oleh beberapa hal baikitu tentang hubungan seksual atau tentang adanya suatu masalah lain.

Selain cemas, faktor emosi kamarahan, depresi dan merasa bersalah seksual dapat menjadi faktor penyebab terjadinya ejakulasi.

Faktor Biologis

  • Kadar hormon tidak normal.
  • Masalah tiroid.
  • Gangguan prostat.
  • Pernah mengalami atau sedang menderita gangguan zat kimia pada otak.
  • Terjadinya infeksi atau peradangan pada saluran kemih.
  • Memiliki masalah pada sistem reflek yang memiliki peran untuk mengatur ejakulasi.
  • Adanya kerusakan saraf yang disebabkan oleh cedera atau operasi.
  • Efek samping dari kebiasaan merekok, konsumsi obat-obatan dan konsumsi alkohol.
  • Seorang pria yang memiliki turunanan menderita ejakulasi dini lebih beresiko mengalami masalah yang sama.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Mencapai puncak bukan pada saatnya memang bukan hanya mengganggu kenikmatan saat berhubungan intim saja, Masalah tersebut juga sangat berpontensi menjadi sebuah masalah keharmonisan rumah tangga. Lalu bagaimana cara untuk mengatasi masalah tersebut? berikut ini beberapa tips sehat untuk mengatasi ejakulasi dini:

Mengontrol Refleks Ejakulasi

Saat Anda berhubungan lakukan secara santai jangan sampai tergesa-gesa, pada saat Anda merasa air mani akan keluar, cepat hentikan penetrasi dan biarkan ereksi sedikit mereda kurang lebih selama 3-5 menit. Lakukan hal tersebut sampai Anda bisa benar-benar mengontrolnya.

Senam Kegel

Olahraga senam kegel bukan hanya bagus untuk dilakukan perempuan saja, pria juga harus melakukan olahraga senam kegel ini. Sala satu manfaat yang akan Anda dapatkan adalah dapat memperbaiki fungsi dan kinerja otot panggul. Dengan menguatnya otot ada panggul bisa membantu untuk mengatasi masalah ejakulasi dini dengan efektif, karena melemahnya otot dasar panggul merupakan salah satu penyebab menurunnya kemampuan untuk menahan kontrol ejakulasi.

Selain dengan kedua cara diatas, untuk cara mengatasinya secara cepat dan juga aman. Anda dapat mengkonsumsi herbal kesagi. Herbal tersebut sudah banyak digunakan oleh banyak orang dan hasilnya cukup memuaskan.

Itulah cara mengatasi ejakulasi dini, Kamu mau pake cara yang mana?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *